INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
Posted by : Unknown Friday 19 February 2016



INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Konsep Dasar dan Karakteristik Pembelajaran Kontekstual
Pembelajaran kontekstual ( Contextual Teahing and Learning ) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan mereka (Sanjaya, 2005).
Pembelajaran kopetensi merupakan suatu system atau pendekatan pembelajaran yang bersifat holistic (menyeluruh) terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait, apabila dilaksanakn masing-masing memberikan dampak sesuia dengan perannya (Sukmadinata, 2004 )
Bila diperjelas maka pembelajaran kontekstual bisa dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, pembelajaran kontekstual menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi.
Yang kedua, pembelajaran kontekstual mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata.
Ketiga, pembelajaran kopetensi mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan.
Berdasarkan pengertian pembelajaran kontekstekstual ada liam karakter penting dalam menggunakan proses pembelajara kontekstual yaitu :
1.      Dalam CTL pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada, yaitu apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari.
2.      Pembelajaran kontekstual adalah belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru yang diperoleh dengna cara deduktif, artinya pembelajaran dimulai dengan cara mempelajari secara keseluruhan, kemudian memperhatikan ditelnya.
3.      Pemahaman pengetahuan, artinya pengetahuan yang diperoleh buka untuk dihafal tapi untuk dipahami dan diyakini,
4.      Mempraktekkan pengetahuan dan pengalaman tersebut, artinya pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa sehingga tampak prubahan prilaku siswa.
Melakukan refleksi erhadap strategi pengembangan pengetahuan. Hal ini dilakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan dan penyempunaan strategi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -