Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai
Posted by : Unknown Friday 19 February 2016

Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Tentu tak setiap saat mobil klasik Anda digunakan. Nah, agar tetap tampil apik dan prima, ada kiatnya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan pada mobil Anda agar saat ingin digunakan tetap masih dalam kondisi prima, berikut tips-nya.

Lepaskan Rem Tangan:  
Pastikan rem tangan selalu dalam keadaan bebas. Karena jika ditinggalkan dalam keadaan rem tangan masuk untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan kelengketan antara kanvas dengan piringan rem, terutama sistem tromol pada roda belakang. Bahkan, saat kondisi rem sudah sangat macet, Anda harus membersihkannya terlebih dulu agar sistem rem tersebut dapat berfungsi kembali dengan normal.

Karet Wiper Tidak Menempel di Kaca Mobil:  
Agar karet wiper mobil Anda tidak menempel pada kaca mobil, sebaiknya diganjal dengan busa atau kayu. Jika hal tersebut tidak dilakukan dengan benar, maka karet wiper perlahan-lahan akan mengeras dan tidak lentur lagi. Ini bukan hanya dapat merusak permukaan kaca mobil, tapi juga mengakibatkan karet akan terasa kasar pada saat Anda gunakan.
Cara lain yang juga dapat Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan bahan silicone ke bagian karet wiper tersebut, agar tidak menjadi getas atau robek saat ditinggalkan terlalu lama. Harga silicone spray ini berkisar Rp 30.000 s/d Rp 50.000, dan bisa didapatkan di toko onderdil.

Letakkan di Atas Jack Stand
 
Agar kondisi suspensi tetap tejaga dan tidak dibebani oleh beratnya kendaraan, sebaiknya letakkan mobil Anda di atas jack stand, sehingga saat kembali digunakan masih tetap nyaman. Ini juga salah satu cara untuk mencegah terjadinya kebocoran di sekitar karet-karet suspensi Anda.
Pastikan mobil diletakkan dalam kondisi yang aman pada posisi tersebut agar tidak membahayakan sekitarnya, termasuk mobil Anda sendiri.

Lepaskan Connector Aki:
Agar aki mobil tidak cepat rusak, sebaiknya saat tidak digunakan lebih dari dua minggu, connector-nya dilepas saja.
Atau, cara lain, Anda dapat menggunakan portable charger yang dihubungkan ke aki tersebut tanpa harus melepas kabel. Dengan alat itu, dipastikan, aki Anda selalu dalam keadaan optimal.

Ganti Oli: 
Jika oli sudah mulai kotor, sebaiknya diganti dengan yang baru. Ini salah satu cara untuk mencegah terjadinya pengendapan deposit atau kotoran yang berlebihan di dalam mesin.
Cegah sedini mungkin, agar tidak merusak komponen-komponen yang ada di dalam mesin mobil. Jika sampai terjadi, bersiap-siaplah untuk merogoh kocek yang tidak sedikit untuk meng-overhaul mesin mobil Anda.

Hindari Parkir Miring: 
Demi keamanan, sebaiknya tidak memarkir mobil pada posisi miring. Kalau memang tidak ada tempat yang datar, dianjurkan untuk menganjal keempat ban dengan balok atau benda keras lainnya agar mobil tidak berubah posisi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -