Sejarah Off Road
Posted by : Unknown Tuesday 16 February 2016

Sejarah Singkat Off Road
Sebuah kendaraan off-road dianggap jenis kendaraan yang mampu mengemudi dan mematikan jalan beraspal atau permukaan kerikil. Off Road adalah olahraga otomotif yang menggunakan mobil penggerak 4 roda dan memiliki ban yang besar baik itu dari jenis terrain dan All-Terrain. Untuk medan yang dilalui Off Road adalah seperti jalan berbatu, lumpur, pasir, sungai dan lain-lain masih banyak lagi untuk medan yang extrim.
Rally Offroad pertama kali di mulainya pada abad ke-20an. Organisasi yang menangani pertama kali adalah (NORRA) National Off Road Racing Association di Amerika pada tahun 1967. Untuk event pertama kali adalah melintasi gunung Mexico.
Untuk balapan yang lainnya diadakan oleh CORR dan WSORR (World Series Of off-Road Racing ) dan mengambil tempat di jalan non aspal atau pegunungan dengan belokan yang rumit dan turunan dan tanjakan tinggi, jalan yang licin bahkan lubang. Untuk tipe yang lain dipopulerkan oleh mickey thompson entertainment group yang disebut balapan dalam stadium di mana setting tanjakan, lubang dan lain-lain disusun di dalam sebuah gedung atau stadium.
Di Indonesia di kenalkannya off road pada tahun 1989 ketika itu anak-anak bandung di berikan fasilitas mobil penggerak 4 roda (mobil 4×4) untuk menyusuri perkebunan milik ayahnya. Sekitar tahun 1990 mulailah berkembang event-event offroad, dan bermunculan banyak klub dari Bandung, Jakarta, Jateng, Jatim hingga Indonesia timur sekarang, dan salah satunya Surabaya Offroad Club, yang mulai berdiri tahun 1994 saat itu dimotori oleh Cak Srundul, yang termasuk dalam anggota IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan IOF (Indonesian Offroad Federation, yang mulai berdiri sejak tahun 2000).

commons.wikimedia.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -