Curup Buloh Salah Satu Pesona Wisata Air Terjun di Lahat
Posted by : Unknown Monday 15 February 2016

Curup Buloh, Salah Satu Pesona Wisata Air Terjun di Lahat
Kabupaten Lahat adalah salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Selatan. Salah satu asset pariwisata di Kabupaten Lahat adalah wisata air terjun. Kabupaten Lahat memiliki total lebih kurang 75 air terjun yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. Woow!

Adanya air terjun di Kabupaten Lahat ini semakin menambah asset pariwisata di Kabupaten Lahat. Salah satunya adalah fenomena air terjun Cughup (re: curup) Maung, yang sempat heboh di mata dunia (curup maung), dan sekarang kembali di temukan salah satu air terjun yang tak kalah indahnya dari Cughup Maung, yaitu Cughup Bulo (Buluh).

Cughup Bulo terletak di Desa Lubuk Selo, Kecamatan Gumay Ulu, Kota Lahat. Jarak antara Lahat ke Desa Lubuk Selo lebih kurang 50 menit. Air terjun cughup bulo sedang ditindak lanjuti secara serius oleh Karang Taruna bersama Lembaga Pemerintahan Desa Lubuk Selo, yang menunjukkan kesungguhan semangat gotong royong untuk membuka dan menata serta mengelola asset wisata Cughup Bulo ini secara profesional.

Akses menuju ke wisata air terjun ini bisa menggunakan kendaraan motor atau mobil. Setelah Anda tiba di Desa Lubuk Selo memerlukan sekitar 20 – 25 menit untuk menelusuri kebun warga atau jalan tempat menuju kesana, dengan sepeda motor pun kita bisa menelusuri jalan atau kebun untuk menuju tempat atau kebun terakhir tempat penitipan motor.

Seteah tiba di kebun terakhir, setelah memarkirkan kendaraan, disini kita akan mulau perjalanan kaki. Tracknya menuruni bukit tanah yang gembur, untuk turun kesana harus berhati-hati supaya tidak terpeleset. Tracknya hampir sama dengan track ke curup maung. Namun jangan khawatir kawan ransel, walaupun capek dengan perjalanan yang sedikit panjang, pas tiba di air terjunnya semuanya akan terbayar lunas dengan keindahan alamnya yang masih asri dan terawat.

Demi tetap menjaga asset pariwisata ini, Karang Taruna dengan Pemeritah Desa dan Tokoh Masyarakat Desa Lubuk Selo pada tanggal 7 Maret 2015, berhasil membentuk organisasi pengelola aset wisata oleh masyarakat dalam bentuk kelompok Sadar Wisata yang disingkat POKDARWIS dengan nama POKDARWIS CAHAYA HARAPAN Desa Lubuk Selo, Gumay Ulu, Lahat.

Harapan terbesar tentunya adalah dengan dibangunnya organisasi ini akan mampu memajukan pembangunan di bidang kepariwisataan Kabupaten Lahat, serta mewujudkan Desa Lubuk Sel menjadi desa wisata yang asri dan aami dengan daya tarik 2 buah air terjun yang indah, serta wisata arung jeram di Sungai Selangis yang melintas tepat di depan Cughup Bulo.

Diharapkan dengan banyaknya wisata alam yang ada di Kabupaten lahat dapat meningkatkan asset pariwisata, serta mengenalkan Kabupaten Lahat sebagai salah satu tempat wisata alam yang layak di kunjungi kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga dunia.
Sumber klik disini.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -