26 Tempat Wisata Yang Mampu Membuatmu Merindu Malang Raya!
Posted by : Unknown Monday 15 February 2016

26 Tempat Wisata Yang Mampu Membuatmu Merindu Malang Raya!

Bersama dengan Surabaya, Malang bersaing di Jawa Timur menjadi sebuah kota metropolitan. Dengan kelebihan-nya sebagai “kota pendidikan” dan banyaknya wisata, Malang selalu menarik untuk anak muda, termasuk kamu. Nah kamu sebelum ke Malang rasanya perlu melihat daftar 25 destinasi wisata di Malang Kota Arema ini, kalau sudah mengunjunginya kamu akan merindukannya deh.
1. Coban Rondo
coban rondo via https://twocupsofjava.wordpress.com/
coban rondo via https://twocupsofjava.wordpress.com/
Coban Rondo ini terkenal banget bahkan bisa dibilang air terjun yang jadi Icon Malang. Lokasinya sih di daerah Pujon. Kalau kamu naik bus kamu naik dari terminal Landungsari, di dekat Universitas Muhammadiyah Malang, nanti bilang saja turun di Coban Rondo. Nah untuk masuknya masih sekitar 2 Km lho dari tempat kamu turun bus, tapi kamu bisa enjoy kok jalannya ke sana karena suasana pepohonannya kayak di Seatle gitulah, cie teringat film twillight. Sebenarnya paling enak emang kalau ke coban rondo naik motor atau mobli sendiri sehingga nggak usah jalan masuknya.
Coban rondo ini memiliki ketinggian 84 meter lho, kalau kamu kuliah di malang maka ke coban rondo cukuplah untuk sedikit menghilangkan penat. Habis mandi dan foto-foto bisa beli jagung bakar hmm nyam nyam. Tapi yang perlu diingat, airnya dingin banget lho hhe. Oh iya Coban Rondo juga memiliki fasilitas lain seperti persewaan sepeda gunung, flying fox, sarana outbond, tempat permainan khusus anak-anak, serta bumi perkemahan.
Nah menurut blog ini coban rondo ini memiliki mitos lho, mitos yang bermunculan dari sebuah legenda dari air terjun Coban Rondo ini yaitu pasangan yang singgah disini tidak akan langgeng seperti perpisahan sepasang pengantin yang menjadi legenda di Coban Rondo ini. Konon dikisahkan wanita cantik bernama Dewi Anjarwati yang menjadi janda karena suaminya yang bernama Raden Baron Kusuma  tewas dalam pertarungan melawan Joko Lelono yang tertarik pada kecantikan Dewi Anjarwati. Akhirnya Dewi Anjarwati disembunyikan di sebuah gua dan sejak saat itu, coban ini terkenal dengan nama Coban Rondo (janda).
2. Pemandian Air Panas Cangar
pemandian air hangat cangar via malangcity.com
pemandian air hangat cangar via malangcity.com
Lokasi Pemandian Air Panas Cangar ini di Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu. Perjalanan menuju lokasi berkelok-kelok khas pegunungan lah, kalau beruntung kamu bisa melihat para petani kubis, kentang atau tanaman sayur lainnya. Ketika kamu di lokasi puas-puasin deh berendam di sana, karena hangat jadi nggak usah takut kedinginan. Kalau kamu gatal-gatal, maka bisa jadi air panas di cangar ini berkhasiat menyembuhkan. Sebagai tambahan, di Cangar kamu bisa mendapat hiburan dari monyet, lutung, dan berbagai jenis burung.
3. Alun-Alun Batu
alun alun kota batu via https://sewavillabatu18.wordpress.com
alun alun kota batu via https://sewavillabatu18.wordpress.com
Kalau mau wisata gratisan, alun-alun kota batu lumayan lho untuk didatangi, ada komidi putar di sana, ada lampion di antara tanaman-tanaman disana, menyala kalau malam. Desain aksesoris-aksesorinya cantik alun alun ini.
4. Wisata Payung
wisata payung via https://sewavillabatu18.wordpress.com/
wisata payung via https://sewavillabatu18.wordpress.com/
Lokasinya di pinggir jalan menuju ke pujon, sebelum patung sapi yang menuju air terjun coban rondo. Di Payung kamu bisa makan jagung bakar sambil menikmati alam yang cantik.
5. Batu Night Spectacular (BNS)

BNS via telusurindonesia.com
BNS via telusurindonesia.com
Batu Night spectacular ini paling pas kalau didatangi pas malam hari. Suasananya seperti pasar malam tapi konsepnya lebih modern. Di sana kamu bisa menikmati Lampion Garden, dimana berbagai macam ukuran dan bentuk lampion bisa kamu nikmati. Lampion angsa di kolam ataupun lampion bentuk hati cupid akan sangat romantis jika dinikmati bersama pujaan hati.
Lokasinya di dekat Jawa timur Park, di Jalan Oro-oro ombo. Wahana seperti rumah hantu bisa kamu coba untuk menguji seberapa besar nyalimu. Kamu juga bisa menikmati spectacular show serta air mancur menari di sana lho. Permainan karnival, mobil bom-bomcar juga ada.
6. Pantai Balekambang
Pantai Balaikambang via panduwisata.id
Pantai Balekambang via panduwisata.id
Pantai Balekambang sudah menjadi primadona masyarakat. Kalau dibandingin sama Pulau Sempu yang lebih banyak didatangi wisatawan dari luar daerah, Pantai Balekambang banyak disambangi warga setempat dan warga di sekitar. Memang pemandangan pantai ini menarik karena kada pura yang mirip di Tanah Lot Bali. Buat yang mau prewedding pantai ini cocok banget deh hhe..
Oh iya pura kecil tadi itu berada di pulai Ismoyo, kamu bisa menyeberangi jembatan kalau mau ke Pura itu. Dari jembatan kamu bisa menikmati pemandangan balekambang yang aduhai deh..
Pantai Balekambang dapat dicapai melalui dua rute. Rute pertama melewati Kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Batur yang kemudian menuju Desa Srigonco. Rute kedua melalui Kecamatan Kepanjen menuju Kecamatan Pagak yang selanjutnya belok kiri ke arah Kecamatan Batur.
7. Pulau Sempu

pulau sempu via piknikdong.com
pulau sempu via piknikdong.com
Pulau Sempu memiliki pesona kejernihan air lautnya lagi cantik dan pasir putih yang siap menyihir matamu lho. Pulau yang terletak di Desa Tambak Rejo Desa, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang tersebut semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Nah sebaiknya tempat wisata ini tidak kamu kunjungi, karena statusnya sebagai cagar alam. Tapi kalau berkesempatan melakukan penelitian di sana, boleh lah.
8. Pantai Sendang Biru
pantai sendang biru via kioopo.com
pantai sendang biru via kioopo.com
Pantai Sendang Biru ini pintu masuk bagi para pecinta alam yang ingin menuju ke Pulau Sempu. Pantai ini terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Nama pantai ini sendiri diambil dari sebuah kolam atau juga disebut dengan sendang yang airnya berwarna biru. Lokasi sendang tersebut berjarak sekitar 1 km dari pantai. Dan untuk menuju ke sendang itu, aksesnya harus melalui jalan setapak. Dari pusat kota malang ditempuh 2 jam dengan motor.
Kamu bisa sewa kapal 100 ribu untuk berkeliling, dengan maksimal penumpang 10-12 orang, jadi kalau kamu bersepuluh cukup urunan 10 ribu doang deh.
10. Pantai Bajul Mati
bajulmati via kabarmaya.com
bajulmati via kabarmaya.com
Lokasinya tidak jauh dari sendang biru dan goa cina, Pantai Bajul mati ini nampak sekali ada bukit seperti kepala buaya yang menjorok ke pantainya, oleh karena itu disebut bajul mati ( buaya mati ). Nggak akan nyesel deh lihat keindahan alam bajul mati. Buat para buaya darat mungkin bisa menyamakan apakah kepalanya sama kayak bukit bajul mati .
11. Pantai Goa Cina
pantai goa china via https://intaninchan.wordpress.com
pantai goa china via https://intaninchan.wordpress.com
Pantai Gua China terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang Selatan. Pantai yang masih perawan ini hanya berjarak sekitar 6 km dari arah barat Pantai Sendang Biru
Pantai Gua China ini menurut cerita masyarakat setempat, ada sebuah gua di bukit pinggir pantai yang digunakan oleh seorang pertapa China untuk bersemedi, bersemedi bukan pacaran lho. Akhirnya pertapa itu meninggal di gua tersebut. Hal itu diketahui ketika seseorang masuk, hanya ada tulang belulang sang biksu dan tulisan Mandarin di langit-langit gua. Hingga akhirnya pantai ini diberi nama Pantai Gua China oleh masyarakat.
Objek wisata ini warna air lautnya masih jernih dan bersih, ditambah pasir putih yang lembut membuat pantai ini sangat wow. Pepohonan seperti cembirit, ketapang, dan pohon jenis tutup berjajar rapi di pinggiran pantai ini. Trus keberadaan tiga pulau yang berada di tengah-tengah pantai Gua China membuat pandangan mata lebih indah. Tiga pulau itu adalah Pulau Bantengan, Pulau Gua China, dan Pulau Nyonya. Tertarik kesana ?
12. Pantai Kondang Merak
karang kondang merak via https://zlen.wordpress.com
karang kondang merak via https://zlen.wordpress.com
Menurut blog ini Pantai ini dinamai Kondang Merak karena pantai ini memiliki Kondang yaitu muara tempat bertemunya air laut dan air tawar yang dahulu banyak dihuni oleh burung Merak. Namun awal tahun 1980 burung Merak tersebut mulai punah karena adanya penangkapan liar. Pantai Kondang Merak memiliki pasir yang berwarna putih, garis pantai yang cukup panjang dan pantai yang berlumut. Ombak di Pantai ini tidak terlalu besar karena gelombangnya terpecah oleh keberadaan beberapa batu karang yang cukup tinggi yang terletak hanya beberapa meter dari garis pantai.
Akses menuju pantai kondang merak tidak terlalu susah, sejalur dengan pantai Balekambang. Disana kamu bisa bermain pasir dan berenang di air laut, dan tentunya snorkeling. Banyak terumbu karang dan ikan-ikan cantiknya lho. Nah jika air laut sedang surut, kamu bisa banget berjalan hingga ke tengah dan kamu akan senang menemukan ikan-ikan cantik itu di rongga-rongga kecil diantara karang-karang.
13. Gunung Panderman
panderman via panoramio.com
panderman via panoramio.com
Gunung Panderman ini ikon alamnya Kota Batu. Dimanapun kamu berada dalam wilayah Kota Batu, gunung panderman akan selalu tampak dan menjadi latar belakang yang amazing banget. Dari bawah puncaknya nampak jelas, Kalau kamu kebetulan sedang berada di alun-alun Kota Batu, maka gunung dengan tinggi 2045 meter ini akan menjadi semacam layar belakang untuk alun-alun Kota Batu lho. Kamu kalau mendaki bisa banget kok, ada jalurnya
14. Museum Angkut
Museum angkut via https://marisasugangga.wordpress.com
Museum angkut via https://marisasugangga.wordpress.com
Museum Angkut ini terletak di Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, pas dipertigaan jalan kalau ke kiri arah agrowisata kusuma kalau kekanan ke arah taman makam pahlawan. Museum ini menyajikan sisi sejarah alat dan mesin transportasi sekaligus menampilkan sisi hiburan yang benar-benar bisa dinikmati secara maksimal abis deh. Kamu tidak akan mendapatkan suasana museum yang angker kalau di museum angkut ini. dijamin.
15. Batu Secret Zoo
flaminggo di batu secret zoo via tasyablog.com
flaminggo di batu secret zoo via tasyablog.com
Batu secret zoo bisa dibilang kebun bianatang yang modern abis lho, karena konsepnya tidak seperti kebun binatang pada umumnya, binatang-binatangnya tidak dibuat terkotak-kota gitu peletakannya. dibuat selang-seling dengan berbagai macam hibuaran. kompleks ini luasnya 14-an hektar lho. dibutuhkan waktu yang lama untuk menikmati wisata ini lho sahabat keerup.
16. Museum Satwa
keerup museum satwa via https://sharontravelogue.wordpress.com
keerup museum satwa via https://sharontravelogue.wordpress.com
Museum satwa bersama eco green park dan batu secreet zoo adalah satu kompleks wisata bernama Jatim Park2. Nah Isinya Museum Satwa itu sebagian besar diorama-diorama yang kalo kamu lihat-lihat kayak beneran gitu deh. Bisa dibilang jadi salah satu museum  satu-satunya museum ter-epic di Indonesia yang punya koleksi satwa air keras terlengkap gitulah.
17. Eco Green Park
rumah terbalik eco green park via batumedia.com
rumah terbalik eco green park via batumedia.com
Eco Green Park Batu Malang adalah sebuah taman hiburan yang memadukan edukasi sekaligus berkonsep go-green. Tempat wisata berlabel eco-tourism dengan lingkungan unik yang dipadu dengan kenyamanan berkelas internasional yang siap memanjakan kamu lho. Lokasinya sekompleks dengan Batu secret zoo dan museum satwa.
18. Toko Oen
Toko oen
Toko oen
Toko Oen itu adalah restoran yang sudah berdiri sejak tahun 1930. Toko Oen terkenal dengan es krimnya yang khas banget. Trus toko Oen juga menjual masakan Indo-Belanda dengan nuansa tempo doeloe seperti nasi goreng, gado-gado, beef steak, dan lain-lainnya deh. Pas kamu masuk toko Oen disambut dengan spanduk ucapan selamat datang di Malang dalam bahasa Belanda. Dan nuansa tempo doeloe langsung kamu rasain pas di dalam. Kursi-kursi rotan yang rendah dengan meja bundar dan bertaplak kotak-kotak adalah peninggalan masa lalu yang masih dipertahankan pemilik toko Oen. Lokasi toko oen ini di sekitaran alun-alun Kota Malang.
19. Kusuma Agrowisata
Kusuma Agro via https://sewavillabatu18.wordpress.com
Kusuma Agro via https://sewavillabatu18.wordpress.com
Kusuma Agro Wisata terletak di daerah wisata, yang tidak jauh dari pusat kota Batu. Letaknya juga tidak jauh dari Jatim Park 1 dan Ecogreen. Hanya sekitar 10 menit dari pusat kota Batu. Tinggal pilih paketnya maka kamu bisa memetik buah strawberry, jeruk, apel dan jambu lho. Ada juga sayur berupa paprika dan sawi. Intinya ini wisata petik buah dan sayur, cocok untuk yg sudah berkeluarga.
20. Kebun Teh Wonosari
kebun teh wonosari via yukpegi.com
kebun teh wonosari via yukpegi.com
Kebun Teh Wonosari yang letaknya di Lawang, Malang. Nah Kebun Teh Wonosari ini merupakan proyeknya PTPN XII yang memang menangani perluasan produksi teh dan mendistribusikannya. Berdiri tahun 1910 dan memproduksi teh celup dengan nama teh Rolas. Selain kebun teh kamu bisa melihat prasati 100 tahun berdirinya kebun teh, liat ibu-ibu memetik daun teh, gudang penyimpanan pestisida, villa-villa, rumah para pekerja, kebun binatang mini, perkemahan, serta lokasi outbond. Udaranya sejuk abis di sini lho. harus coba kesini lho kamu ya!
  21. Sanggar Asmoro Bangun
topeng malangan via prasetya.ub.ac.id
topeng malangan via prasetya.ub.ac.id
Menurut halomalang.com, Sudah tak banyak seniman yang menggeluti kesenian topeng malangan. Tetapi bukan berarti tidak ada sama sekali. Salah satu yang bertahan adalah Sanggar Asmoro Bangun. Sanggar ini adalah milik Maestro Topeng Malang yang juga menjadi pembuat topeng Malang pertama, Mbah Karimun. Beliau sudah tiada beberapa tahun silam namun sanggarnya diteruskan oleh keturunannya, Handoyo dan Saini.
Lokasinya di Dusun Kedung Monggo, Desa Karang Pandan, Kecamatan Pakisaji, Malang. Kamu bisa beli cinderamata berupa topeng malangan asli di sana lho.
22. D’Topeng Kingdom Museum
d'topeng kingdom museum via http://www.dtopengkingdommuseum.com
d’topeng kingdom museum via http://www.dtopengkingdommuseum.com
Berada dalam kompleks museum angkut, d’topeng kingdom museum ditampilkan ditampilkan sekitar 2.000 topeng khas dari seluruh Nusantara dan ada juga ratusan barang antik lainnya dari masa prasejarah hingga kerajaan Majapahit. Topeng­-topeng tersebut diletakkan dalam lemari kaca besar yang terpisah berdasar asal daerahnya gitulah.
23. Omah Kayu
omah kayu, omah pohon via anomharya.com
omah kayu, omah pohon via anomharya.com
Omah Kayu jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah Rumah Kayu. Namun yang spesial, karena rumah kayu di sini terdapat di atas pohon. Lokasi Omah Kayu ini disebelah utara landasan paralayang, gunung banyak. Omah kayu ini dibangun di atas pohon pinus yang besar dan menjulang tinggi. Kerennya, bentuk bangunannya unik, dan menyajikan suasana yang menenangkan. Setiap rumah pohon, maksimal ditempati tiga orang agar aman dan tidak roboh. Di omah kayu ini kamu kalau menghadap timur bisa melihat kota batu. keren abis!
24. Gunung Banyak
paralayang gunung banyak via kaskus
paralayang gunung banyak via kaskus
Kalau kamu suka paralayang maka datanglah ke gunung banyak, batu. Gunung Banyak merupakan salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi oleh para pencinta olahraga paralayang itu. Medan paralayang Gunung Banyak telah mendapatkan predikat bintang empat karena kondisi alamnya yang luar biasa indah. Di Indonesia sulit ditemui medan paralayang seperti di Gunung Banyak lho. Gunung banyak tuh tingginya 1.325 mdpl. Lumayan dari atas kamu bisa nikmatin keindahan kota batu mulai dari pertanian, pepohonannya, dan kotanya. Naik paralayang sekitar 350 ribuan.
25. Kampung Wisata Keramik Dinoyo
keramik dinoyo via http://keramik.sentraikm-kotamalang.com
keramik dinoyo via http://keramik.sentraikm-kotamalang.com
Kalau mau melihat proses pembuatan keramik atau mencari oleh-oleh keramik khas malang datang saja ke kampung wisata keramik dinoyo. lokasinya nggak jauh dari Universitas Brawijaya. Lumayan bagus bagus kok keramiknya.
26. Coban Pelangi
coban pelangi via https://bromotourtravel1.wordpress.com
coban pelangi via https://bromotourtravel1.wordpress.com
Wisata Air Terjun Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota malang jaraknya sekitar 30 km ke arah timur, dengan kendaraan dapat ditempuh selama 1 jam. Istilah coban pelangi itu merupakan pelangi yang muncul karena efek pembiasan sinar matahari terhadap cipratan Air. Coban pelangi ketinggianya 110 m. Kalau kamu pernah ke Semeru lewat jalur malang maka tak asing dengan rute ke cuban pelangi ini.
Demikianlah sahabat keerup wisata di malang raya yang akan membuatmu semakin merindukan untuk kembali ke Malang! Karena Malang adalah Kota yang bisa dicintai dari segala macam aspeknya, termasuk pilihan wisatanya yang banyak sekali…

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -