Metode 1 dari 5: Apakah Anda Butuh Aki Mobil Baru?
  1. 1
    Pastikan aki mobil memang harus diganti. Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu dan uang untuk membeli aki baru untuk mobil Anda jika masalah utamanya bukan itu. Ikuti tiga langkah berikut untuk mengetahuinya:
    • Cari jika Anda bekas cairan sulfat yang biasanya berwarna putih di sekitar kabel – membersihkan ini biasanya dapat memecahkan masalah dari aki mobil Anda. Catatan: Jangan menyentuh dengan menggunakan tangan kosong karena dapat menimbulkan korosi pada tangan Anda.
      Gambar berjudul Change a Car Battery Step 1Bullet1
    • Pastikan Anda menyalakan mobil Anda untuk mengisi aki mobil Anda terlebih dahulu selama 30 menit.
    • Cek alternator pada mobil Anda. Pada saat mesin menyala, alternator biasanya menunjukan angka 13,8-14,2 volt dalam sistem pengisian yang berfungsi. Aki normal pada umumnya menunjukan nilai 12,4-12,8 volt pada saat mesin dalam keadaan mati.
      Gambar berjudul Change a Car Battery Step 1Bullet2

  2. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 2
    2
    Beli aki mobil pengganti yang sesuai. Ketahuilah jenis aki mobil Anda (atau ukurannya) saat Anda akan membeli penggantinya. Cobalah untuk bertanya terlebih dahulu kepada mekanik di bengkel untuk kepastiannya. Hal ini sangat penting karena aki mobil memiliki beberapa variasi ukuran dan juga berbeda pada setiap kendaraannya.
    Iklan

Metode 2 dari 5: 3 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mengganti Aki Mobil Anda

  1. 1
    Nomor 1: Amankan area kerja Anda. Parkirkan mobil Anda di tempat datar, dan pastikan tempat Anda memarkirkan mobil Anda jauh dari sumber listrik atau api. Pasang rem tangan pada mobil Anda. Jangan merokok pada saat Anda mengganti aki mobil Anda. Aki mobil mengandung larutan elektrolit asam sulfat yang sangat korosif yang dapat membakar kulit Anda. dan juga aki mobil menghasilkan gas yang mudah terbakar. Gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung untuk keselamatan Anda.
  2. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 4
    2
    Nomor 2: Lepaskan pematik rokok pada mobil Anda (Jika ada), dan juga komponen kelistrikan lainnya pada mobil saat Anda akan melepaskan aki mobil Anda.
  3. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 5
    3
    Nomor 3: - buka kap mobil Anda. Setelah terbuka, tahan dengan menggunakan penahan kap yang tersedia pada mobil Anda..
    Iklan

Metode 3 dari 5: Lepaskan Aki Mobil Lama

  1. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 6
    1
    Lokasi aki – Aki mobil biasanya terpasang pada tempat yang mudah dijangkau. Aki mobil berbentuk kotak dimana terpasang dua kabel penghubung. Beberapa mobil Eropa (beberapa BMW) aki mobil biasanya terpasang pada bagian bawah bagasi, atau dekat as roda (beberapa Chrysler).
  2. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 7
    2
    Identifikasi terminal aki mobil Anda – Identifikasi bagian positif dan negatif pada aki mobil Anda. Terminal positif memiliki tanda plus dan terminal negatif memiliki tanda minus.
  3. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 8
    3
    Lepaskan terminal negatif – Longgarkan baut pada terminal dengan menggunakan kunci inggris (Biasanya berukuran 8mm atau 10mm) dan lepaskan dari terminal. Jika tidak terdapat tanda, cobalah tandai agar terminal positif dan negatif tidak tercampur. Sangat penting untuk melepaskan terminal negatif sebelum terminal positif.
  4. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 9
    4
    Lepaskan terminal positif.
  5. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 10
    5
    Lepaskan aki mobil Anda – Lepaskan dudukan aki mobil Anda dengan memutar baut yang tersedia. Hati-hati saat mencabut aki mobil Anda. Perlu diketahui bahwa berat aki mobil bisa mencapai 13 hingga 27 kilogram, jadi jika Anda merasa keberatan cobalah untuk meminta bantuan untuk mengangkatnya.
    Iklan

Metode 4 dari 5: Pasang Aki Mobil Baru

  1. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 11
    1
    Bersihkan kabel terminal dan dudukan aki mobil Anda. Anda dapat menggunakan baking soda dan sikat kawat. Jika terdapat korosi yang sangat parah, cobalah untuk meminta bantuan kepada montir di bengkel sekitar Anda. Atau biarkan hingga kering terlebih dahulu dudukan aki mobil Anda sebelum Anda melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  2. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 12
    2
    Ganti aki mobil Anda – Pasang aki baru Anda pada tempatnya, dengan posisi terminal positif dan negatif pada sisi yang benar. Pasang semua baut pada dudukan aki mobil Anda untuk menahan aki mobil Anda pada tempatnya.
  3. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 13
    3
    Pasang kembali terminal positif – Kencangkan dengan menggunakan kunci inggris.
  4. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 14
    4
    Pasang kembali terminal negatif – Kencangkan dengan menggunakan kunci inggris.
  5. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 15
    5
    Gunakan semprotan lithium – Semprotkan cairan lithium pada terminal untuk mencegah korosi pada terminal aki mobil Anda.
  6. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 16
    6
    Tutup kap mobil Anda – Tutup kap depan mobil Anda dan nyalakan mobil Anda. Periksa setiap bagian kelistrikan apakah semuanya berfungsi dengan baik.
    Iklan

Metode 5 dari 5: Buang Aki Lama Anda

  1. Gambar berjudul Change a Car Battery Step 17
    1
    Buang aki lama Anda ke tempat seharusnya. Jangan membuang aki lama bekas mobil ANda sembarangan karena ini bukan sampah biasa. Anda bisa membuangnya dengan meminta bantuan kepada bengkel di sekitar Anda.
    Iklan

Saran

  • Jika klakson mobil Anda tidak berfungsi setelah Anda mengganti aki mobil Anda, cobalah pasangkan kunci Anda pada keadaan "ignition" sehingga alarm mobil Anda dapt mengidentifikasi saat mobil Anda dicuri.
  • Kadang, aki mobil ditempatkan pada bagasi atau pada bagian dekat as roda.
  • Beberapa bengkel mobil akan melakukan tes terhadap aki mobil Anda terlebih dahulu sebelum menggantinya, untuk memastikan apakah aki mobil Anda harus benar-benar diganti atau tidak.
  • Beberapa mobil besar biasanya memiliki lebih dari satu aki, dan juga kadang ditempatkan di lokasi yang berbeda.
  • Beberapa mobil kadang menempatkan aki mobilnya di bawah kursi belakang.

Perhatian

  • Jika Anda menggunakan cincin, lepaskan atau tutupi dengan menggunakan selotip atau kain sebelum Anda mengganti aki mobil Anda. aki habis sekalipun dapat melelehkan sebuah cincin emas yang kemudian akan menimbulkan cidera serius.
  • Jangan membalikan aki mobil Anda.
  • Anda tidak harus memasang kedua terminal secara bersamaan.
  • Jangan meninggalkan benda-benda logam pada aki mobil Anda atau menggabungkan kedua terminal, karena dapat menyebabkan arus pendek.
  • Pastikan cairan aki mobil Anda tidak mengenai pakaian Anda, jika terkena cuci selama dua atau tiga kali karena jika tidak pakaian Anda akan berlubang secara perlahan akibat dari cairan asam dari aki mobil Anda. Demi keselamatan, gunakan celemek atau pakaian lama Anda pada saat Anda mengganti aki mobil Anda.
  • Jangan menyemprotkan cairan lithium pada bagian lain selain bagian terminal dari aki mobil Anda.
  • Selalu gunakan sarung tangan dan kacamata pelindung.

Hal Yang Anda Butuhkan

  • 1 aki baru
  • 1 cairan lithium
  • Peralatan untuk terminal aki: (baik kunci inggris atau soket lainnya)
    • 2 kunci pas
    • Kunci pas/kunci inggris berukuran 8mm, 10mm, 12mm, dan 13mm. Baut pada aki mobil biasanya berukuran 8mm, baut pengaitnya biasanya berukuran 10mm atau 11-13mm. Baut berukuran 13mm biasanya digunakan pada bagian dudukan aki mobil.
  • 1 sikat kawat
  • 1 kacamata pelindung
  • 1 sarung tangan