Wisata Kebun Teh di Sumatera Selatan
Posted by : Unknown Friday 19 February 2016

Wisata Kebun Teh di Sumatera Selatan

pagaralam
Sumber gambar : plpbkpagaralam.org
Akuilah, jika berbicara mengenai wisata kebun teh, bisa jadi secara otomatis sebagian besar orang akan mengingat kebun teh di Ciwidey yang ada di Jawa Barat. Atau paling tidak kawasan kebun teh lainnya yang ada di Pulau Jawa. Padahal, tidak jauh dari kota Palembang, tepatnya di kota Pagar Alam, kita pun dapat menemukan kawasan kebun teh yang tak kalah indahnya.
Sesuai namanya, kota ini memang di anugerahi panorama alam yang begitu indah. Pagar Alam, yup, kota ini langsung ‘dipagari’ oleh alam. Kota yang sebelmnya merupakan kota administratif lingkungan Kabupaten Lahat ini memang terletak ‘hanya’ 60 Km dari kota Lahat. Dari Kota Palembang, kota ini dapat ditempuh dalam bebagai macam cara.
DSC01649
Pertama, dapat menggunakan angkutan umum seperti travel (mobil minibus) dengan jarak tempuh 7 sd 8 jam. Ongkosnya sekitar Rp.100 sd Rp.150 ribu. Tergantung dari jenis kendaraan. Selain menggunakan travel, bisa juga menggunakan bus dengan ongkos yang lebih murah. Kedua, menggunakan kereta api dengan berhenti di kota Lahat dan selanjutnya disambung lagi dengan kendaraan umum. Ketiga, menggunakan pesawat karena kini Pagar Alam sudah memiliki bandara sendiri. Penerbangan Pagar Alam ke Jakarta langsung ditempuh hanya sekitar 70 menit saja. Tentu lebih praktis sehingga tidak perlu ke Palembang terlebih dahulu.
Perjalanan ke Pagar Alam walaupun berkelok-kelok namun kontur jalan cukup baik. Inilah kota dengan suhu udara paling sejuk di Sumatera Selatan. Di saat-saat tertentu, penduduk setempat bilang bahkan suhu udaranya dapat membekukan minyak sayur. Wow, lumayan dingin, ya! Karena itulah, berlibur ke Pagar Alam sangat cocok terlebih untuk ‘menghindari’ cuaca Palembang yang sangat panas.
DSC01653
Keterangan : Mulai memasuki kawasan Kebun Teh
Banyak sekali objek wisata di kota agribisnis ini. Sesuai judulnya, tentu saja kawasan kebun teh di lereng Gunung Dempo adalah daya Tarik utamanya. Bagi yang suka naik gunung, kota PagarAlam juga merupakan starting point-nya. Oh ya untuk menikmati kebun teh, cukup berjalan ke arah kaki gunung Dempo. Ada kawasan wisata khusus dan pengunjung dikenakan biaya Rp.5000 sd Rp.10.000 untuk masuk ke dalam. Begitu sampai, silakan saja menikmati keindahan kebun teh dan Gunung Dempo sampai puas.
DSC01677
Keterangan : Keindahan kebun teh lereng Dempo
Bagaimana dengan penginapan? Jangan khawatir, ada banyak sekali penginapan di Pagar Alam. Dari yang murah hingga yang cukup mahal seperti villa. Namun, jika pergi berkelompok, menginap di villa tidak ada salahnya. Harga penginapan dapat dibayar bersama. Sedikit tips, jika dating tidak dalam musim liburan, jangan ragu untuk menawar kepada pemilik villa. Sebaliknya, jika datang di musim liburan, ada baiknya memesan villa terlebih dahulu agar tidak kehabisan.
DSC01723
Keterangan : Salah satu villa yang ada di Pagar Alam
Apapun gaya perjalanan Anda, Pagar Alam siap menyambut Anda. Yang jelas, kini nggak perlu jauh-jauh melancong ke pulau Jawa untuk menikmati wisata kebun teh. Percaya, Pagar Alam nggak kalah kerennya! Nggak percaya? Datang saja langsung ke Pagar Alam dan resapi setiap jengkal keindahan yang ditawarkannya :)
5.00/5 (100.00%) 2 votes
(Visited 4,860 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -