Mengenal Bagian-Bagian CorelDRAW X6
Posted by : Unknown Saturday 20 February 2016

Mengenal Bagian-Bagian CorelDRAW X6
Jendela aplikasi CorelDRAW X6 dibedakan menjadi kurang lebih 12 bagian yang terdiri dari title bar, menu bar, toolbar, property bar, toolbox, drawing window, drawing page, dockers, panel colors, rulers, document navigator, dan status bar. Setiap bagian memiliki fungsi, peran, dan tugas yang berbeda]beda. Penjelasan dari masing]masing bagian dapat diuraikan berikut ini.

TITLE BAR
Bagian ini berfungsi untuk menampilkan setiap judul dokumen yang sedang dibuka atau aktif saat itu. Jika Anda membuka dokumen baru, maka pada bagian ini tertulis CorelDRAW X6 . [Untitled 1].

Bagian Title Bar
Kata gUntitled]1h akan berganti dengan nama file yang Anda ciptakan ketika dokumen ini disimpan menggunakan nama spesifik. Angka di belakang teks gUntitledh itu menunjukkan urutan dokumen yang
dibuka tanpa nama file yang spesifik. Jika file yang Anda buka memiliki nama yang spesifik, maka pada Title Bar ditampilkan nama file tersebut.

MENU BAR
Sesuai dengan namanya, Menu Bar berisi beragam menu dan submenu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagian ini terletak di bawah Title Bar. Jika Anda mengklik masing]masing menu, maka Anda tidak akan menemukan submenu atau opsi yang sama pada setiap menu tersebut.

Tampilan Menu Bar dan Submenu pada salah satu menu yang sedang disorot 

Jika Anda perhatikan, beberapa pilihan di dalam menu dilengkapi dengan ikon]ikon. Ikon]ikon itu juga bisa Anda temukan pada Toolbar untuk perintah yang sama. Itu artinya, jika Anda memilih opsi di dalam menu itu maka sama saja jika Anda memilih ikon sama yang ada di toolbar.

TOOLBAR
Toolbar terletak di bagian bawah deretan menu. Area ini menampilkan ikon]ikon yang berfungsi sebagai shortcut menu atau perintah untuk melakukan sesuatu. Shortcut dimaksudkan sebagai jalan pintas
untuk membuka suatu menu atau menjalankan perintah tanpa melalui Menu Bar.
 
Tampilan Toolbar Standar

Adapun fungsi dari ikon shortcut yang ditampilkan pada Toolbar yang standar dapat dijelaskan sebagai berikut:



PROPERTY BAR
Anda bisa menemukan bagian ini di bawah Toolbar. Property Bar berisi deretan ikon yang berkaitan dengan tool atau objek yang sedang aktif. Sebagai contoh, jika Anda mengaktifkan salah satu tool, misalnya Rectangle Tool, maka informasi dalam Property Bar akan tampak seperti ilustrasi berikut.
 
Tampilan Property Bar yang akan berganti-ganti tergantung tool yang aktif 

Dengan demikian isi yang ditampilkan pada Property Bar ini berubahubah sesuai dengan tool yang sedang aktif saat itu.

TOOLBOX

Toolbox merupakan panel yang menampilkan tool]tool untuk menciptakan dan memodifikasi objek serta memberi efek pada objek. Secara default bagian ini bisa Anda temukan di sebelah kiri jendela CorelDRAW X6.
 
Tampilan Toolbox

Secara umum, tool]tool dalam Toolbox tersebut dikategorikan menjadi 19 kelompok di mana masing]masing kelompok memiliki ganggota keluargah dengan beragam fungsi. Di sini hanya akan dijelaskan mengenai fungsi dari kelompok tool secara garis besar saja, yakni sebagai berikut:



 DRAWING WINDOW
Drawing Window merupakan area di luar lembar kerja yang dibatasi oleh scrollbar. Jika Anda meletakkan kertas di lantai, maka Drawing Window adalah lantainya itu.

Tampilan Drawing Window

DRAWING PAGE
Bagian ini merupakan lembar kerja yang digunakan untuk membuat sebuah kreasi desain yang Anda inginkan. Anda bisa menemukan bagian ini dalam Drawing Window.

Tampilan Drawing Page

DOCKERS
Dockers adalah jendela kecil yang menampilkan informasi terkait tool]tool atau perintah yang aktifkan saat itu. Bagian ini terletak di antara Drawing Window dengan Color Palette.
 
Tampilan salah satu docker

Nama]nama docker yang dibuka atau sedang aktif itu ditampilkan dalam bentuk tab]tab secara vertikal. Namun tampilan docker tersebut bisa gdipecahh di mana setiap docker ditampilkan secara per bagian atau individual, bukan dalam bentuk tab]tab yang digabung menjadi satu.

COLOR PALETTE
Bagian ini secara khusus berfungsi untuk menampilkan beragam warna yang bisa Anda pilih untuk mewarnai objek. Dalam jendela CorelDRAW X6, bagian ini terletak di sisi paling kanan yang secara default posisinya vertikal.
 
Tampilan Color Palette

DOCUMENT NAVIGATOR
Area Document Navigator terletak di bawah Drawing Window. Bagian ini menampilkan jumlah dan posisi halaman apabila Anda bekerja dengan beberapa lembar dokumen. Jika Anda membuat desain yang digambar dalam beberapa lembar kerja, maka Anda bisa memanfaatkan bagian ini untuk berpindah ke lembar kerja yang lain dengan mengklik ikon Next atau Previous yang ada di dalamnya.
 
Tampilan Document Navigator

STATUS BAR
Status Bar berisi detail informasi yang menunjukkan posisi mouse, ukuran, tipe, dan resolusi serta warna pada objek. Area ini bisa Anda lihat di bagian paling bawah jendela CorelDRAW X6.
 
Tampilan informasi di dalam Status Bar





Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -