Lembah Harau Surga Tersembunyi.
Posted by : Unknown Monday 15 February 2016

>> Lembah Harau, Surga Tersembunyi Di Tanah Minang <<

Mencari tempat wisata di Sumatera Barat terbilang gampang. Tak perlu susah-susah untuk kita yang datang dari luar daerah. Panorama alam Sumatera Barat sudah begitu indahnya untuk sekedar dinikmati oleh kita yang belum pernah kesana. Tebing-tebing menjulang tinggi, air terjun betebaran dimana-mana, hamparan-hamparan nan hijau pun ikut melengkapi keindahan tanah minang ini.
Diantara tanahnya yang bergelombang dan berbukit, ada sebuah tempat di Sumatera Barat yang sangat bisa memanjakan diri. Tempat nan indah itu seolah terjebak di antara dua tebing terjal. Tempat yang bisa menjadi surga dunia bagi pecinta alam ini merupakan sebuah wisata alami yang diminati oleh hampir seluruh wisatawan yang datang ke Sumatera Barat.
Di tempat ini, jika melihat dari arah bawah, akan tampak seolah tebing-tebing yang ada meruncing menembus awan. Mungkin karena tebing-tebing tersebut memiliki ketinggian hingga 200 meter.
Adakah yang tahu nama tempat itu..??
Ya... Kita sedang menceritakan keindahan Lembah Harau. Lembah ini juga biasa disebut Ngarai.
Lembah Harau terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Payakumbuh, Sumatera Barat. Kondisi alamnya pastilah sangat sesuai bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, karena Lembah Harau memiliki topografi daratan yang bergelombang dan berbukit. Anda bisa menjelajah dan menikmati keindahan bukit-bukit di sekitar kawasan Lembah Harau, seperti misalnya Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang.
Hamparan Lembah Harau dikelilingi tebing-tebing granit yang cukup terjal dan menjulang tinggi dengan ketinggian hingga 300 meter. Kondisi alamnya pun sangat subur, di lembah ini Anda bisa menikmati hamparan persawahan nan hijau di antara tebing-tebing yang tegak lurus dan tentunya akan membuat Anda betah berlama-lama disini, belum lagi akan ditemani suasana alamnya yang sangat menakjubkan.
Salah satu teori pembentukan lembah ini adalah akibat proses erosi jutaan tahun, serta bertemunya Lempeng Austronesia dengan Lempeng Eurasia yang saling mendesak. Desakan dari dua lempeng inilah yang menyebabkan terjadinya patahan besar yang berjajar di ujung Selatan Pulau Sumatera. Yang mencengangkan, diperkirakan bebatuan di Lembah Harau ini sudah berumur 30 hingga 40 juta tahun.
Dengan luas wilayah sekitar 270 hektar, Lembah Harau telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai Cagar Alam dan Suaka Margasatwa sejak tanggal 10 Januari 1993. Salah satu hewan khas yang hidup di kawasan lembah ini adalah Macaca Fascirulatis atau monyet ekor panjang. Hewan ini termasuk spesies langka yang merupakan hewan endemik Sumatera.
Selain itu, Cagar Alam Lembah Harau juga memiliki berbagai jenis tanaman hutan hujan tropis dataran tinggi. Berkat keadaan alamnya, salah satu lokasi di kawasan Lembah Harau telah direncanakan untuk dibuat sebagai Taman Safari Sumatera, yaitu Resort Rimbo Piobang. Anda juga dapat mengunjungi sebuah kebun binatang dan tempat penangkaran kupu-kupu di kawasan Aka Berayun.
Jangan lupa juga untuk berkunjung ke Lembah Echo (atau Lembah Gema)nya, karena di lembah ini terdapat titik dimana jika kita berteriak dari titik itu, maka akan menghasilkan gema sempurna sebanyak 7 kali. Konon, satu-satunya tempat di dunia yang menghasilkan echo sempurna seperti ini hanya ada di Lembah Harau. Keren bukan..??
Tak sampai disitu, selain pemandangan berhiaskan tebing-tebing yang menjulang dengan kokoh dan megahnya, Anda juga akan merasakan segarnya udara dan objek wisata alam lainnya di Lembah Harau yang tentunya akan membuat Anda merasa takjub. Banyak air terjun - air terjun menarik dan tentunya sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke lembah ini. Seperti Air Terjun Aka Berayun, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murni, dan Air Terjun Sarasah Aie Angek yang semuanya berada di kawasan Resort Sarasah Bunta.
Tiap-tiap air terjun tersebut memiliki keistimewaan sendiri.
- Air Terjun Sarasah Aie Luluih mengalir di sisi dinding bebatuan, dengan kolam yang masih sangat alami di bagian dasarnya.
- Air Terjun Sarasah Murai, disini Anda bisa menikmati keindahan burung murai yang berkicau merdu di sela-sela rerimbunan pohon.
- Air Terjun Sarasah Bunta juga tak kalah menarik, saat menjelang siang air terjun ini sangat cantik ketika diterpa sinar matahari.
- Air Terjun Sarasah Aie Angek, karena belum dibuka sepenuhnya sebagai obyek wisata, air terjun ini masih relatif sepi dari pengunjung. Namun yang menarik, air terjun ini memiliki suhu air yang cukup hangat.
Setelah puas menikmati keindahan serta keunikan-keunikan air terjun di atas, Anda bisa pergi ke Resort Aka Barayun. Di Resort Aka Barayun ini Anda bisa berenang di kolam renang sembari menikmati suasana alam nan asri. Tempat ini juga potensial untuk olahraga panjat tebing. Bagi yang ingin menghabiskan waktu lebih lama demi menikmati keindahan Lembah Harau, di kawasan ini juga tersedia fasilitas berupa penginapan atau homestay.
Huahh.... Selesai juga akhirnya saya membawa Anda menikmati keindahan Lembah Harau yang merupakan Surga bagi pecinta alam ini....

Sumber : gosumatra.com
Foto Atlantis Indonesia.
Foto Atlantis Indonesia.
Foto Atlantis Indonesia.
Foto Atlantis Indonesia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -