Konfigurasi CorelDRAW X6 bagian 1
Posted by : Unknown Saturday 20 February 2016

Konfigurasi CorelDRAW X6

Sebenarnya, Anda sudah bisa menciptakan desain‐desain di dalam dokumen. Namun akan lebih baik, Anda atur dulu CorelDRAW X6 ini agar ketika dipakai nanti, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Sebelum bekerja dengan menggunakan CorelDRAW X6, Anda lakukan dulu konfigurasi‐konfigurasi seperti yang dijelaskan pada subsubbab berikut ini:

Mengubah Tampilan Workspace
Ketika Anda meluncurkan CorelDRAW X6, Anda akan langsung melihat format tampilan jendela default. Meskipun tampilan Corel‐ DRAW X6 di layar monitor sudah diatur dari “pabriknya”, namun tampilan itu tidak bersifat mutlak karena CorelDRAW X6 menyediakan fitur khusus untuk mengubah tampilan jendela yang akan menjadi ruang kerja Anda nanti. Dengan kata lain, jika Anda bosan dengan tampilan jendela yang ada, maka Anda bisa mengubahnya dengan cara menciptakan tampilan jendela yang baru. Untuk lebih jelasnya Anda bisa langsung mempraktekkan langkah‐langkah berikut ini:
1. Pilih menu Tools > Options.
2. Pada kotak dialog Options, aktifkan Workspace.
 
Mengaktifkan opsi Workspace

3. Selanjutnya tekan tombol New untuk membuat workspace (tampilan jendela yang baru).
4. Jika muncul kotak dialog New Workspace, ketikkan nama workspace baru yang Anda inginkan tepat di dalam kotak teks Name of new workspace. Sebagai contoh, ketik “My Work‐space”.
5. Berikutnya sorot kotak kombo Base new workspace on lalu pilih salah satu opsi di dalamnya. Misalnya dengan memilih opsi Adobe Illustrator apabila Anda ingin tampilan CorelDRAW X6 bernuansa Adobe Illustrator.
6. Jika Anda ingin menambah deskripsi tentang workspace baru yang Anda ciptakan, ketik deskripsi itu pada kotak teks Description of new workspace.
7. Pastikan kotak cek Set as current workspace telah aktif.
 
Mengetik nama dan deskripsi untuk workspace baru

8. Kalau sudah tekanlah tombol OK dan workspace baru yang Anda buat tadi telah terdaftar dalam deretan workspace yang bisa Anda pilih.
 
Workspace baru dalam daftar workspace

9. Tekan kembali tombol OK dan Anda bisa langsung melihat perubahan area kerja (workspace) pada tampilan jendela Corel‐DRAW X6 Anda.
 
Tampilan jendela CorelDRAW X6 dengan “rasa” Adobe Illustrator 

Apabila Anda ingin kembali ke tampilan jendela workspace Corel‐DRAW X6, maka ikutilah langkah‐langkahnya berikut ini:
1. Buka menu Edit > Options.
2. Aktifkan kotak cek X6 Default Workspace hingga tercentang.
3. Sudahi dengan menekan tombol OK.





CATATAN:
Di dalam buku ini, workspace yang dipakai adalah workspace X6 Default Workspace sehingga jika Anda telah memilih model Adobe Illustrator, kembalikan workspace ke posisi semula.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Blog Archive

Popular Post

Followers

- Copyright © INFORMASI KITA SEMUA -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -